Bagaimana cara memilih pipa AC terbaik yang sesuai untuk AC anda??

Pipa pada AC sama halnya seperti pembuluh darah pada manusia. Jika pembuluh darah fungsinya untuk mengalirkan darah yang menjadi nyawa bagi tubuh manusia, maka pipa berfungsi untuk mengalirkan freon pada AC, freon disini ibarat sebuah darah pada manusia. Freon merupakan zat yang berfungsi untuk mendinginkan ruangan. Ketebalan pipa memastikan aliran freon ini aman dan tidak terjadi kebocoran, penggunaan pipa yang lebih tebal akan membantu meminimalisir risiko kebocoran pada pipa yang sangat merugikan.

Jika pipa bocor, maka freon akan terbuang percuma. Hal ini bisa ditandai dengan AC yang mulai terasa tidak dingin, lalu jika kebocoran terus menerus terjadi maka bisa timbul bunga es pada pipa sampai freon yang ada di AC tersebut habis.


Jangan ragu memilih pipa AC yang tebal untuk AC anda.. Mengapa?

Penyebab utama kebocoran pipa saat instalasi bisa disebabkan oleh 2 faktor yaitu,

  •       Flaring pipa retak

Flaring merupakan proses penyambungan ujung pipa ke indoor dan outdoor. Jika titik flaring retak, maka sambungan tersebut gagal dan mengakibatkan terjadinya rongga yang membuat freon bocor. Kenapa flaring bisa retak? Karena pipa yang digunakan terlalu tipis.

  •      Adanya pembengkokan pipa

Adanya pembengkokan pipa saat menemui jalur yang berliku dapat menyebabkan pipa AC yang terlalu tipis akan patah, salah bengkokan sedikit langsung penyok dan mengakibatkan ada lobang tipis yang membuat freon keluar.


Jadi dapat disimpulkan bahwa, pipa ac yang tipis akan mudah retak, penyok bahkan patah dan kemudian menyebabkan kebocoran pada freon.

 

Pengukuran pipa AC

Pipa AC berbentuk berpasangan yang terdiri dari 2 pipa yang disatukan. Satu pipa disebut pipa liquid, berfungsi untuk mengalirkan freon dalam bentuk cair dan satunya lagi disebut pipa gas, berfungsi untuk mengalirkan freon dalam bentuk gas.

Pipa yang cocok untuk AC 1pk adalah pipa ¼ 3/8. Pada pipa ¼ 3/8 mengartikan pasangan pipa AC tersebut adalah pipa liquid ¼ inch dan pipa gas 3/8 inch. Perlu diperhatiakn bahwa angka ¼ 3/8 tersebut bukanlah ketebalan pipa, melainkan merupakan sebuah ukuran diameter pipa. Cara membaca ketebalan pipa biasanya yang digunakan sebagai patokan adalah pipa gas atau pipa yang lebih besar ukurannya. Sehingga untuk ketebalan pipa 0.50 mm | 0.48 mm ini artinya ketebalan pipa gas 0.50 mm dan ketebalan pipa cair 0.48 mm. Umumnya semakin besar diameter pipa, maka semakin tebal pipa tersebut.


Mintalah bantuan teknisi AC yang terpercaya dan sudah berpengalaman dalam pemasangan AC untuk membantu anda agar kedepannya tidak terjadi permasalahan yang tidak diinginkan pada AC anda. BKU Service AC melayani jasa pasang AC dan instalasi pipa AC, dengan teknisi berpengalaman lebih dari 5 tahun.


Contact Us

 CV. Bintang Karya Usaha

Office: Dukuh Pakis 6C No.31 Surabaya

Workshop: Sun Safira Regency B5 No.5 Sidoarjo

Office Hour: 08.00 - 17.00

Working Area: Sidoarjo dan Surabaya

HP/WA: 082334448325 - 082139886864

Email: bintangac.karyausaha@gmail.com


September 26, 2020 - tanpa komentar

0 komentar untuk Bagaimana cara memilih pipa AC terbaik yang sesuai untuk AC anda??.